Kegiatan Masyarakat Dimasa PPKM Darurat

Jumat, 9 Juli 2021 12:53 WIB

Share
Sumber: google/arsitag.com

Jakarta- Seperti yang kita ketahui Indonesia mengalami peningkatan kasus covid 19 yang sangat signifikan. Pemerintah mengambil langkah tegas untuk memperlambat untuk menekan angka agar tidak banyak lagi yang terinfeksi virus. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah ialah memberlakukannya PPKM Darurat. Adapun beberapa Peraturan PPKM darurat yaitu :

  1.    Mengurangi Kegiatan perkantoran/tempat kerja, Kegiatan perkantoran/tempat kerja baik perkantoran pemerintah (kementerian/lembaga/daerah) maupun BUMN/BUMD/swasta.
  2. Pemberlakuan daring dalam belajar mengajar
  3. Kegiatan Esensial seperti industri, pelayanan dasar, utilitas publik, objek vital nasional, dan juga tempat pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat (pasar, toko, swalayan, supermarket, dan lain-lain) baik yang berdiri sendiri maupun di pusat perbelanjaan/mal tetap dibuka tetapi dengan jam operasional yang ditentukan serta protocol yang lebih ketat.
  4. Kegiatan Restoran, hanya dibuka hingga jam 20.00 WIB dan hanya diperbolehkan take away.Kegiatan di pusat perbelanjaan dibatasi hingga jam 17.00 WIB dengan pengunjung maksimal 25%
  5. Mengurangi kegiatan di tempat ibadah (masjid, mushala, gereja, pura, dan tempat ibadah lainnya) hingga dinyatakan aman kembali.
  6. Kegiatan di area publik (fasilitas umum, taman umum, tempat wisata umum, area publik lainnya) ditutup sementara atau pengunjung maksimal 25%
  7. Kegiatan seni, sosial, budaya hingga rapat  dan seminar dilakukan secara daring untuk menghindari memunculkan kerumunan.
  8. Kegiatan Transportasi Umum dibatasi jam operasionalnya.

 

Itulah beberapa poin PPKM darurat yang diberlakukan Pemerintah untuk memutus rantai persebran virus Covid 19. Masyarakat diwajibkan untuk dirumah hingga waktu yang ditentukan. Meskipiun hanya dirumah, beberapa masyarakat memilih untuk mencari kegiatan/kesibukan mengisi kekosongan waktu yang ada. Beberapa masyarakat mulai aware terhadap kesehatannya, mereka melakukan senam/olahraga rutin setiap paginya dan sekalian berjemur matahari. Hal ini dilakukan agar meningkatkan imuntas tubuh mereka serta menambah vitamin untuk melawan virus Covid 19 ini. Ada juga yang membersihkan rumah dan menata ulang rumah agar tidak bosan dan memiliki suasana baru. Beberapa ada yang mencoba untuk memelihara binatang seperti ikan hias dan juga bercocok tanam untuk mengisi kekosongan waktu. Para remaja dan anak anak memilih bermain game online agar tetap bisa bisa bermain dengan teman-temannya walaupun tidak bertemu langsung. Dan ada juga beberapa masyarakat yang terpaksa keluar rumah untuk bekerja memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berikut adalah beberapa kegiatan masyarakat untuk mengisi waktunya di masa PPKM darurat ini. Semua kegiatan boleh dilakukan asalkan tidak membuat kerumunan. Mari bantu pemerintah untuk mehentikan rantai persebaran virus covid 19 ini dengan cara jaga Kesehatan, tetap dirumah, mengikuti protocol Kesehatan dan mengikuti semua arahan yang dianjurkan pemerintah.

(Pande M Juda Bagaskara 7018210194

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler